Metro, Jakarta - Lucky Hakim, aktor yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional mengawali langkah pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bekasi tahun depan dengan menebar spanduk di seluruh penjuru daerah tersebut.

"Itu (spanduk) untuk mengucapkan selamat Ramadan," kata Lucky kepada Tempo, Senin, 30 Mei 2017. Namun, jika partainya memerintahkan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah di Kota Bekasi, menurut dia, pemasangan spanduk dianggap itu sebagai langkah awal, karena sebaran spanduk lebih merata jika dibandingkan kegiatan reses.

Ia mengatakan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN, Kota Bekasi, tengah berproses menghadapi Pilkada dengan membentuk tim. Adapun, komunikasinya dengan pihak DPD sejauh ini cukup bagus. "Mengenai koalisi sudah pasti PAN akan bergabung dengan partai lain," kata dia.

Hal ini mengingat jumlah kursi PAN di Kota Bekasi hanya empat. Sedangkan, persyaratan dari Komisi Pemilihan Umum yakni minimal 10 kursi di legislatif bisa mengusung calon untuk bertarung di Pilkada. "Kemungkinan-kemungkinan koalisi dengan partai-partai lain, saya serahkan kepada tim Pilkada DPD PAN," kata dia.

Secara pribadi, Lucky Hakim mengaku mengincar posisi calon Wali Kota. Namun, melihat PAN hanya memiliki empat kursi, maka akan lebih sulit mendapatkannya. "Bilamana PAN mendapatkan peluang B2 (Calon Wakil) maka bagi saya tidak masalah, toh sama-sama berkontribusi untuk Kota Bekasi," kata dia.

Berdasarkan pengamatan Tempo, spanduk Lucky Hakim sejak awal Ramadan bertebaran di seluruh wilayah kecamatan. Tak hanya di jalan protokol, spanduk berukuran sekitar 1X1 meter, 5X1 meter, hampir merata di jalan lingkungan, termasuk perumahan. Berbeda dengan sejumlah figur di Bekasi, hanya di titik-titik tertentu.

ADI WARSONO