Tekno, Jakarta - Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Muslim, Jadi Google Doodle Hari Ini

Siapa yang akan menyangka desa nelayan Al-Wakrah di Qatar akan berubah total setelah stadion sepak bola rancangan Zaha Hadid berdiri di sana? Ya, desa dengan berpenduduk 30 ribu orang ini adalah sebuah kampung nelayan di Qatar. Selain ikan, desa ini juga menghasilkan mutiara. Desa itu terpilih sebagai salah satu tempat bertanding perhelatan World Cup 2022 di Qatar.

Mekanisme Antikythera, Google Doodle: Kisah Komputer Pertama

Kemudian ia pindah ke Rotterdam untuk bekerja dengan Koolhas dan Zenghelis, mantan profesor pembimbingnya, di Office for Metropolitan Architecture (OMA).

Pada 1980, Zaha Hadid mendirikan konsultan arsitekturnya sendiri yang diberi nama Zaha Hadid Architects. Kantor ini berbasis di London, Inggris. Sekarang, kantor konsultan ini mempekerjakan 400 staff yang tersebar di 40 negara.

Bangunan pertamanya yang lahir dari tangannya sendiri adalah Vitra Fire Station in Weil am Rhein, Jerman, yang selesai di bangun pada 1993. Pada dekade 1990-an dan 2000 awal, karya dengan cepat terkenal di seluruh dunia lantaranya desainnya yang sangat neo-futuristik tanpa meninggalkan struktur yang mantap. Sejak saat itulah pesanan merancang datang dari seluruh dunia.

Google Doodle untuk mengenang karya-karya Ratu Kurva ini.

AMRI MAHBUB