Tips Memaksimalkan Smartphone Android





Sekarang ini, semakin banyak orang yang menggunakan smartphone. Namun, Google merasa, sebagian besar pengguna Android masih belum menyadari bagaimana cara untuk memaksimalkan potensi yang ada pada smartphone mereka. Karena itulah, Google memberikan beberapa tips sederhana.

1. Lacak penggunaan data Anda
Internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna smartphone. Di Android, Google telah menanamkan fitur Data Usage alias Penggunaan Data untuk memonitor penggunaan data pada perangkat Anda. Anda dapat menemukan pengaturan ini pada menu Settings alias Pengaturan.



2. Perhatikan akses data yang Anda berikan pada aplikasi
Di Google Play Store, Anda memang dapat menemukan banyak aplikasi gratis. Namun, Anda harus perhatikan akses apa saja yang aplikasi tersebut minta. Google memperingatkan, jangan sampai Anda tidak sadar bahwa foto dan musik Anda telah disebarkan ke umum tanpa sepengetahuan Anda.

Sebelum memasang aplikasi, biasanya, Anda akan diberitahu akan akses apa saja yang diminta aplikasi. Jika Anda ingin melihat akses data apa saja yang diperlukan oleh sebuah aplikasi yang sudah terlanjur Anda unduh, Anda dapat memeriksanya di Pengaturan > Aplikasi.

Pilih salah satu aplikasi yang ingin Anda ketahui, lalu scroll ke bagian bawah. Anda akan melihat akses apa saja yang diminta oleh aplikasi tersebut.



Google menyebutkan, pada versi Android yang lebih baru, Anda bahkan dapat mengatur informasi apa saja yang Anda berikan pada sebuah aplikasi. Misalnya, Anda dapat membagikan foto tapi tidak mengizinkan sebuah aplikasi mengakses lokasi Anda.

3. Mode low batt
Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh pengguna smartphone adalah baterai yang cepat habis. Di Android, Anda dapat menemukan mode low batt atau hemat baterai. Menurut Google, Anda bisa mengaktifkan fitur ini secara otomatis saat baterai ponsel Anda sudah mulai melemah.

Dengan fitur ini, ponsel Anda dapat bertahan sekitar 1 jam lebih lama. Untuk memperpanjang daya tahan baterai, mode low batt akan menonaktifkan beberapa fitur tertentu seperti GPS atau notifikasi email.

4. Akses cepat ke Settings
Ada beberapa menu pada Settings yang dapat Anda temukan dengan cara melakukan swipe ke bawah pada layr. Beberapa menu yang akan Anda temukan adalah WiFi, Bluetooth, Flashlight alias lampu senter, airplanemode, auto rotatehotspot, dan data seluler.

5. Google Now Launcher
Google memiliki launcher yang dapat menyusun aplikasi yang ada pada smartphone Anda berdasarkan aplikasi yang sering Anda gunakan. 

6. Voice Assistant
Google Now merupakan voice assistant yang akan aktif saat Anda berbicara "OK Google". Google menyebutkan, fitur ini akan dapat membantu orang-orang yang hendak menggunakan ponsel tanpa bantuan tangan, seperti orang yang sedang berkendara.

7. Google Now on Tap
Fitur ini hanya tersedia di Marshmallow. Saat Anda menyorot kata-kata pada sebuah artikel, maka fitur ini akan menampilkan hasil pencarian Google. Sementara pada versi sebelum Marshmallow, jika Anda menyorot sebuah kata, maka Anda dapat mencari tahu tentang kata tersebut via Google Chrome.

8. Pengaturan standar
Terkadang, terdapat sebuah aplikasi yang memiliki fungsi yang sama, misalnya peramban internet atau pembaca PDF atau dokumen atau aplikasi untuk menonton video.

Saat Anda pertama kali membuka file, biasanya Anda akan diminta untuk memilih aplikasi mana yang hendak Anda gunakan. Anda juga dapat membuat sebuah aplikasi menjadi aplikasi default.

Namun, jika ingin mengganti aplikasi default tersebut, Anda dapat mengubahnya di bagian reset app default. Pengaturan ini dapat Anda temukan di Settings > App > Reset App Preferences

0 Response to "Tips Memaksimalkan Smartphone Android"

Posting Komentar