Nasional, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan tetap menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan meski masih menjalani perawatan medis di Singapura. "Informasi yang kami terima, Novel tetap menjalankan ibadah puasa," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Selasa, 30 Mei 2017.

Febri mengatakan perawatan terhadap Novel terus dilakukan. Senin kemarin, 29 Mei 2017, tim dokter melakukan scanning pada kedua mata Novel. Dari hasil scanning itu, dokter memastikan mata kanan dan kiri Novel sudah bersih dari infeksi pascaoperasi.

Baca:Novel Baswedan Mendapat 4 Tindakan Ini Setelah Operasi  

Namun dokter yang menangani Novel belum melepas membran palsenta. Membran tersebut dipasang untuk merangsang pertumbuhan kornea pada kedua penglihatan Novel.

Febri menuturkan untuk kondisi penglihatan Novel masih sama. Yaitu mata kanan sudah bisa melihat huruf dengan ukuran besar. Sedangkan mata kiri belum bisa melihat huruf dan angka sama sekali. “Hanya melihat jari-jari tangan,” kata Febri.

Sementara pertumbuhan kornea pada mata penyidik senior KPK tersebut belum diketahui. Sebab, pertumbuhan kornea baru bisa dipantau setelah membran diepas.

Baca: Perkembangan Kondisi Novel: Tekanan Mata dalam Batas Normal

Novel Baswedan diserang dua pengendara sepeda motor saat berjalan pulang salat Subuh di masjid dekat rumahnya. Dua orang itu menyiram Novel dengan air keras sehingga kedua mata dan wajahnya terluka. Akibat dari kejadian itu, kini ia masih dirawat tim dokter di Singapura.

DANANG FIRMANTO